anda pengunjung ke

Rabu, 02 April 2008

Kamis,3 April 2008(gaya_hidup)

Pria Memasak, Seksi di Mata Wanita(okezone.com)


TERNYATA kegiatan memasak bukan hanya didominasi kaum hawa, pria pun saat ini tak segan untuk masuk dapur dan meracik bumbu hingga menjadi masakan yang nikmat. Mengenai hal itu, A Kasandra Putranto Psi, dari Kasandra Persona Wacana membenarkannya.

Menurutnya, meski pekerjaan yang satu ini kelihatannya sepele, tapi saat ini pria tak canggung untuk melakukan bidang yang dikuasai para ibu itu. "Saat ini pria banyak yang gemar dan pintar memasak. Apalagi bila di dunia hotel, bidang food and beverages production justru dikuasai para pria. Sehingga tak heran banyak pria yang menjadi koki kelas dunia," kata Kasandra yang dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Rabu (2/4/2008).

Bahkan, ditambahkan olehnya, bisnis makanan saat ini tidak hanya dilakoni wanita, pria pun tak ragu untuk menjadikannya sebagai lahan mata pencaharian.

Hanya saja, lanjut Kasandra, masyarakat Indonesia yang masih patrilinear, masih menganggap pria memasak terkait dengan gender dan peran sosial di masyarakat.

"Sayangnya, masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa pria memasak merambah bidang wanita. Karena hal tersebut dianggap terkait dengan sexily, gender, dan occupation. Padahal kalau di luar negeri, seperti USA, pria memasak itu sah-sah saja karena hanya menyalurkan kegemarannya," ungkapnya.

Meski demikian, sambungnya, bukan berarti pria memasak dilihat sebelah mata oleh para wanita. Bahkan, banyak dari mereka yang menganggap pria memasak seksi.

"Sebenarnya pria seksi di mata wanita yang satu dengan yang lainnya itu berbeda. Ada yang karena careing, pintar cari uang, bahkan hingga pintar memasak," tutur wanita ramah ini.

Ditambahkan olehnya, memasak termasuk dari jenis peran yang dipilih, bukan berdasarkan pada kelamin dan norma sosial yang berlaku. "Jadi tidak semua pekerjaan koki untuk memasak hanya bisa dilakukan wanita, pria pun tak kalah saing dalam melakukan pekerjaan ini," jelas Kasandra.

Karena itu, tak salah bila memasak dapat menjadi kegemaran yang positif di hadapan wanita. Memasak bisa memberi nilai tambah bagi pria untuk menaklukkan seorang wanita.

"Keahlian pria yang gemar memasak bisa dianggap sebagai tindakan romantis oleh para wanita. Karena pada umumnya wanita suka sekali diberi kejutan-kejutan yang sifatnya romantis oleh pasangan," pungkasnya. (nsa)

Tidak ada komentar: